alternatif memasak tanpa MSG/vetcin/penyedap rasa

Posted by Unknown Thursday 2 July 2015 0 komentar
Monosodium Glutamate (MSG) atau yang kita kenal dengan vetcin atau penyedap rasa adalah suatu zat penguat rasa yang ditemukan oleh pakar kimiawi di masa lampau.  Dahsyatnya rasa vetsin alias MSG ini membuat masakan menjadi gurih dan maknyuss..

Rata-rata 95% ibu rumah tangga, rumah makan,bakso, sampai koki terkenal tidak jauh dari zat penguat rasa ini.  Penggunaan zat ini juga banyak ditemui pada semua makanan ringan dalam kemasan.  Memangnya kenapa?? Nggak boleh ya pake vetsin? Jawabnya “boleh”, tapi dengan dosis dan takaran yang sesuai.  Sebelum memasak lihat instruksi yang ada dibungkusnya, rata-rata menyebutkan kurang dari 1 sendok teh untuk 1 panci…menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa pemakaian MSG dapat menyebabkan berbagai penyakit didalam tubuh.  Karena zat dalam MSG ini dapat mengikat senyawa didalam darah kita bila penggunaannya berlebihan…


Nah, ada cara tepat untuk masak tanpa MSG yakni dengan menggunakan udang kering alias udang ebi dan ikan teri.. saya sudah membuktikannya dengan mulut dan lidah saya sendiri.  Caranya : tumbuk halus udang ebi atau ikan teri hingga menjadi tepung.  Pada saat anda masak gunakan itu sebagai pengganti MSG, rasanya tetap maknyuss… bila males numbuk bisa juga cemplungin langsung.

Alternatif lain yaitu dengan kepala udang dan dilakukan dengan cara yang sama yaitu ditumbuk, kalo untuk tumisan dan sambal lebih sedap bila pake terasi.  Begitu saja vetsin alamiah yang saya tahu..

dan menurut teman saya yang ahli dalam pengobatan tradisional..dia bisa membedakan lidah mana yang terlalu sering makan pakai vetcin dan lidah mana yang tidak terlalu sering..ujarnya kebanyakan pasien nya memiliki sistem imunitas yang rendah itu di karenakan zat2 yang ada pada vetcin..so..kalau mau sehat alangkah lebih baik mengurangi bahkan tidak mengkonsumsi bahan tersebut,,

tapi rasanya cukup berat kalau sekaligus masak tidak memakai vetcin..mungkin cara sedikit demi sedikit saja perhari mengurangi kadar vetcin itu lebih ampuh (syukur2 sampai ambang batas tidak memakai sama sekali) dari pada sekaligus..











TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: alternatif memasak tanpa MSG/vetcin/penyedap rasa
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hasna-99.blogspot.com/2015/07/alternatif-memasak-tanpa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Buat Email | Copyright of HASNA.BLOGSPOT.