Cara memperbaiki hp yang terkena air

Posted by Unknown Friday 10 July 2015 3 komentar



Salah satu penyebab kerusakan ponsel adalah kelalaian pengguna,misalnya ponsel kemasukan air.Celah-celah ponsel yang mungkin kemasukan air antara lain : microfone,speaker,charger dan tempat dudukan simcard.

ponsel yang terkena air dapat menyebabkan kerusakan sebagai berikut :


1.mesin korslet kondisi menyebabkan : mati total,boros baterai,baterai droop.
2.Gangguan blok mesin.Seperti diketahui,air merupakan salah satu media penghantar listrik.Jika mesin ponsel basah & kita menyalakan nya,chip-chip mesin akan menghantarkan arus listrik yang tidak semestinya.Hal ini dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada blok mesin ponsel tersebut.Air yang masuk akan dapat mempercepat korosi pada timah patri pada ponsel.  

Langkah-langkah pertama yang dapat dilakukan apabila ponsel terkena air sebagai berikut :

1.Saat ponsel terkena air,cepat cabut baterai agar mesin tidak mengalami korsleting.




2.Jika air tidak masuk kedalam mesin & ponsel hanya lembab,cukup dikeringkan dengan hair drier,atau solder uap sampai kering.

3.Jika air masuk sampai kedalam mesin ponsel.Maka ponsel perlu dibongkar dan di cuci menggunakan mesin pencuci ponsel,terus disikat halus dengan diberi cairan thinner atau cairan IPA.Kemudian keringkan menggunakan kipas angin atau solder uap sampai kering.

4.Setelah mesin kering,ukur konektor baterai menggunakan avometer.Tempelkan jarum merah (+) pada kaki konektor negatif,dan jarum hitam (-) pada kaki konektor positif.Jika jarum naik berarti ponsel mengalami korsleting,jika jarum diam berarti ponsel normal.

5.Jika masih ada korsleting,panaskan (blow) komponen yang mengambil arus listrik yang langsung dari baterai,diantaranya komponen ic uem,ic pa,dan ic rf.Periksa juga komponen lain yang menyebabkan korsleting,misalnya kondensator.

6.Jika tidak ada korsleting ,tetapi ponsel tidak bisa dinyalakan,gunakan power supply untuk mengujinya.Ponsel juga bisa mati karena program loss atau error.Untuk memperbaikinya pakai box flasher.

7.Jika harus mengangkat ic,angkat komponen satu persatu dan ukur kembali.Jika masih ada korsleting letakkan kembali komponen tersebut.Jika ic yang kita cabut korsleting nya hilang sebaiknya ganti komponen tersebut.

8.Kalau anda ragu2..karena ada sebagian hp jika di bongkar sembarangan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.Sebaiknya bawa hp anda ke teknisi hp yang terdekat..
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara memperbaiki hp yang terkena air
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hasna-99.blogspot.com/2015/07/cara-memperbaiki-hp-yang-terkena-air.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

Unknown said...

mantap infonya..

fahri said...

oke sip...

POKER ONLINE said...

terima kasih atas infonya gan.. IZin share ya gan

Post a Comment

Buat Email | Copyright of HASNA.BLOGSPOT.