Keistimewaan asam jawa (TAMARIND)

Posted by Unknown Thursday 9 July 2015 3 komentar



Asam jawa (tamarindus indica) merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong.Batang pohon nya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daun nya rindang.

daun asam jawa bertangkai panjang,sekitar 17cm dan bersirip genap.Bunga nya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polong nya berwarna coklat denagn rasa khas asam.Didalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah,juga terdapat biji yang berjumlah 2-5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat yang agak kehitaman.

Nama lokal asam jawa : tamarind (inggris),Tamarinier (perancis),asam jawa (indonesia),celangi,tangkal asem (sunda),asem (jawa).

Kandungan yang terdapat asam jawa : asam appel,asam sitrat,asam anggur,asam tartrat,asam suksinat,pectin dan gula invert.Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung kalori sebesar 239kal per 100gram,protein 2,8gram per 100gram,lemak 0,6 per 100gram,hidrat arang 62,5gram per 100 gram,kalsium 74miligram per100gram,fosfor 113 miligram per 100gram,,zat besi 0,6miligram per100gram,vitamin A 30SI per 100gram,vitamin B1 0,34miligram per 100gram,vitamin C 2miligram per 100gram.Kulit bijinya mengandung phlobatannnin & bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Penyakit yang dapat di obati oleh asam jawa diantaranya : Asma,batuk,demam,sakit panas,reumatik,sakit perut,morbili,alergi/biduren,sariawan,luka baru,luka borok,eksim,bisul,bengkak disengat lipat/lebah,gigitan ular berbisa.

pemanfaatan nya:

1.asma : potong kulit pohon nya asam jawa + adas pula waras secukupnya.Kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring dan di minum 2x sehari.

2.batuk kering : tiga polong buah asam jawa + setengan genggam daun saga.Kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.Diminum 2xsehari air tersebuh pagi & sore.

3.Demam : Satu genggam daun asam jawa + adas pulawaras secukupnya.Kedua bahan tersebut direbus dengan setengah liter air sampai mendidih kemudian disaring & di minum 2x sehari pagi & sore.

4. Sakit panas : dua buah polong asam jawa yang telah masak,garam secukupnya.Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas,kemudian disaring dan di minum biasa..(perhatian: ibu hamil tidak boleh minum resep ini)

5. Rheumatik : satu genggam daun asam jawa,2-3 biji asam jawa.Kedua bahan tersebut ditumbuk halus.Cara penggunaaan di kompres pada bagian yang sakit.

6. Sakit perut : 3 polong buah asam jawa + 1 potong gula aren.Cara penggunaanya kedua bahan tersebut di seduh dengan air panas kemudian disaring langsung diminum..

7. Morbili : 1-2 potong asam jawa yang telah masak,2 rimpang kunyit sebesar ibu jari.Cara membuat kunyit diparut,kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata.Gunakan campuran tersubut sebagai bedak/obat gosok bagi penderita morbili.

8. Alergi/biduren : 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua,garam secukupnya,seperempat kapur sirih.Cara membuat semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas & disaring.Diminum 2 x sehari pagi & sore.

9. Sariawan : 2 polong buah asam jawa,2 rimpang temulawak sebesar ibu jari,1 potong gula merah.Cara membuat semua bahan tersebut direbus dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring,langsung di minum seperti biasa. 

10. Luka baru : Daun asam jawa secukupnya.Cara membuat daun tersebut dikunyah sampai lumat lalu ditempelkan pada luka.

11. Luka borok : beberapa biji asam jawa.Cara mengolah biji asam tersebut di tumbuk halus lalu di tempelkan pada luka borok.

12. Eksim & bisul : satu genggam daun asam jawa yang masih muda,dua rimpang kunyitsebesar ibu jari.Cara pengolahan kedua bahan tersebut di tumbuk sampai halus.Lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

13. Bengkak karena disenagt lipan atau lebah : 3-5 biji asam jawa & minyak kayu putih secukupnya.Cara pengolahan nya biji asam jawa ditumbuk halus.Cara pemakaian nya bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi minyak kayu putih,kemudian di taburi/di tempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.


NB : JANGAN LUPA PARTISIPASINYA UNTUK BLOG INI DENGAN HANYA KLIK IKLAN YANG TERDAPAT DI BLOG INI..TERIMAKASIH...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Keistimewaan asam jawa (TAMARIND)
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hasna-99.blogspot.com/2015/07/keistimewaan-asam-jawa-tamarind.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

Unknown said...

terimakasih infonya gan..

fahri said...

makasih..sangat berguna artikelnya...

fahri said...

makasih..sangat berguna artikelnya...

Post a Comment

Buat Email | Copyright of HASNA.BLOGSPOT.