Khasiat bawang putih

Posted by Unknown Friday 10 July 2015 1 komentar


Bawang putih (allium sativum) termasuk genus afflum.Bawang putih termasuk klasifikasi tumbuhan ber umbi lapis atau siung yang bersusun.Bawang putih tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak
sampai setinggi 30-75cm,mempunyai batang semu yang terbentuk dari pelepah-pelepah daun.Helaian daun nya mirip pita ,berbentuk pipih & memanjang .Akar bawang putih terdiri dari serabut2  kecil yang berjumlah banyak.

Bawang putih yang semula hidup di dataran tinggi ,sekarang di INDONESIA,jenis tertentu dapat dibudidayakan di dataran rendah.Kandungan kimia yang terdapat di bawang putih  per 100gram adalah sebagai berikut:
protein sebesar 4,5gram,lemak 0,20gram,hidrat arang 23,10gram,vitamin B1 0,22 mg,vitamin C 15mg,kalori 95kal,posfor 134mg,kalsium 42mg,besi 1mg dan air 71gr.Disamping itu dari beberapa penelitian umbi bawang putih mengandung zat active awcin,awn,enzim alinase,germanium,sativine,sinistrine,selenium,scordinin,nicotinic acid DLL

Mengingat banyak nya kandungan kimia yang dimiliki bawang putih tentu banyak pula khasiat-khasiat yang akan kita peroleh untuk pengobatan. Diantaranya : 

1.Hipertensi.
bahan2 : 3siung bawang putih
pengolahan nya : bawang putih di tumbuk halus dan di peras dengan air secukupnya lalu di saring.Diminum secara teratur setiap hari.Atau bisa juga bawang putih dipanggang dengan api lalu dimakan setiap pagi selam 7 hari.

2.Asma,batuk & masuk angin.
bahan2 nya : 3siung bawang putih,1sdm madu,dan gula batu secukupnya.
pengolahan nya : bawang putih ditumbuk halus,kemudian di oplos bersama bahan lain nya samapai merata dan diperas/saring.Dan diminum setiap pagi sampai sembuh.

3.sakit kepala.
umbi bawang putih ditumbuk halus,cara menggunakanya untuk di kompres pada dahi.

4.Sakit kuning,sesak nafas & busung air.
bahan2:1 umbi bawang putih,1 potong gula batu sebesar telur ayam,
Cara membuat : umbi bawang putih ditumbuk halus,kemudian kedua bahan tersebut di rebus bersama 3 gelas air sampai memndidih dan diaduk samapai merata dan disaring
cara menggunakan : diminum 2x sehari 2 sendok makan,pagi & sore.

5.Ambeien.
bawang putih ditumbuk sampai halus,kemudian diperas untuk diambil air nya,air nya di oleskan di sekitar dubur setiap hari.

6.Luka memar karena tikaman atau pukulan.
bahan2 : bawang putih dan 1 sendok madu.
bawang putih di tumbuk halus,kemudian diberi 1 sendok madu lalu dicampur sampai merata.Selanjutnya di oleskan pada bagian yang luka.

7.mengusir cacing kremi dan cacing perut.
beberapa siung bawang putih di kupas dan di cuci bersih lalu dimakan langsung.

8.Sulit tidur.
beberapa siung bawang putih.Dikupas,dicuci bersih.Langsung dimakan sebelum tidur.

9.Untuk mengeluarkan serpihan kaca,kayu,duri.
umbi bawang putih ditumbuk halus.Cara pakainya Umbi bawang putih yang sudah ditumbuk halus langsung ditempelkan pada bagian yang kemasukan serpihan kaca,kayu & duri.

10.Mengobati jamur/panu,kadas,kurap.
Bawang putih ditumbuk halus.lalu di tempelkan pada kulit yang terkena panu.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Khasiat bawang putih
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://hasna-99.blogspot.com/2015/07/khasiat-bawang-putih.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown said...

nice info..

Post a Comment

Buat Email | Copyright of HASNA.BLOGSPOT.